Welcome
paket wisata jogja

Sejuknya Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul di Sore Hari

Dibantul ada hutan pinus yang tak kalah cantiknya dengan hutan pinus top selfi magelang yang berada dimagelang, hutan pinus tersebut tak jauh dari perkebunan mangunan dan area makam raja – raja kesultanan mataram yogyakarta, Hutan tersebut namanya Hutan Pinus Mangunan Dlingo.

Hutan Pinus Mangunan Dlingo yang berada di bantul ini menjadi destinasi tersendiri bagi anak – anak muda. Hutan pinus yang memiliki area terbuka luas dan pepohonan yang rindang sering dijadikan tempat berselfi romantic di Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul. Tempat ini sering juga dijadikan tempat prewedding. Bagi para pecinta sepeda atau sepeda gunung patut dicoba jalur hutan pinus mangunan dlingo ini, karena jalurnya penuh tantangan.

Untuk fasilitas di Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini masih terbatas, hanya ada toilet umum itupun masih kurang dan masjid bagi wisatawan yang ingin menjalankan ibadah. Semoga pemerintah segera menambah fasilitas yang ada di Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul.

Di Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini juga sudah dibangun gardu pandang diatas pohon. Bagi para wisatawan yang tidak takut dengan ketinggian wajib mencoba untuk naik diatas pohon tersebut dan kalian akan bisa melihat pemandangan indah kota Yogyakarta, namun harus utamakan keselamatan jika ingin mendapakatkan foto selfi yang bagus. Tapi kalian harus sabar mengantri untuk naik ke atas pohon tersebut dan lagi – lagi karena keterbatasan gardu pandang yang masih sedikit.

Tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ada juga tempat wisata bagus lainnya yaitu Puncak Becici. Puncak Becici juga memiliki gardu pandang instragramable yang sangat indah.

Akses Jalan Menuju Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul, Yogyakarta

Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul menjadi destinasi wisata yang sedang diperbincangkan di dunia maya karena pesona alamnya yang indah. Apabila anda datang dipagi hari anda akan melihat indahnya sorotan cahaya matahari yang masuk di sela – sela perpohonan yang membentuk seperti kanopi alami.

Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini terletak di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul Yogyakarta. Secara administrative Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini masih masuk wilayah Imogiri. Dulu hutan ini merupakan tanah tandus atau tanah tidak subur, oleh pengelola hutan mangunan diadakan penghijauan dengan ditanami hutan pinus.

Akses jalan menuju Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul sangat mudah. Anda cukup menelusuri jl. imogiri timur yang menuju makam raja – raja imogiri bantul. Sebelum sampai dimakam imogiri terdapat pertigaan yang menuju arah Mangunan. Jalur tersebut terbelah menjadi dua yaitu jalur menuju ke kebun buah Mangunan dan jalur menuju Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul. Akses jalan untuk menuju ke Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bntul sudah bagus, tapi karena medan jalan yang cukup menanjak saya sarankan menggunakan kendaraan yang tinggi,

Keunikan Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini adalah kawasan area terbuka yang sejuk. Tidak heran jika Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul sering digunakan untuk ruang teater, satra, hingga pertunjukan musik. Uniknya lagi dari kawasan Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini terdapat panggung dan bangku yang didesain setengah lingkaran. Untuk membuat panggung dan bangku dipilih pohon yang masih terlihat bentuk aslinya.

Tak salah apabila Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul yang asik dijadikan tempat selfi ataupun dijadikan tempat nongkrong kawula anak – anak muda ini lagi ngehits diperbincangkan didunia maya baik di facebook ataupun di instragram. Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini tempatnya bener – bener romatis tak jarang Hutan Mangunan Dlingo Bantul ini dijadikan tempat prewedding, pembuatan video klip dan tempat syuting.

Waktu Terbaik Mengunjungi Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul, Yogyakarta

Kapan waktu terbaik untuk datang ke Hutan Pinus ini??? Saya sarankan untuk datang dipagi hari saat weekdays, tapi jika mau datang dihari weekendpun tak masalah. Saat mentari baru terbit saat itulah setiap sudut keindahan alam yang terpancar oleh sinarnya sang mentari yang ada di Hutan Pinus ini terlihat indah. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai dari jam 06.00 pagi sampai jam 18.00 sore. Saat berlibur ke Hutan Pinus ini jangan lupa untuk mampir ke kebun Buah Mangunan dan Puncak Becici yang juga merupakan tempat selfi terbaik di Bantul Yogyakarta.

Tips Wisata di Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul, Jogja

Ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi. Jika ingin benar-benar memudahkan tentu disarankan menggunakan kendaraan roda dua. Namun harus hati-hati saat musim hujan karena jalan akan cukup licin terutama saat guyuran hujan. Begitu juga kondisi lokasi wisata akan sedikit berkabut sehingga mengurangi jarak pandang.

Jika menggunakan kendaraan roda empat, gunakan kendaran yang cukup tinggi dan mampu menanjak dengan baik. Medan jalan cukup terjal dan mendaki. Usahakan dikemudikan oleh orang yang sudah berpengalaman. Pastikan kendaraan diparkir dengan aman dan jangan sekali-kali meninggalkan barang berharga di kendaraan.

Meskipun lokasi wisata ini bebas dikunjungi bukan berarti tanpa aturan. Harap tidak membuang puntung rokok sembarangan karena bara api rokok bisa menyulut kebakaran di Hutan Pinus. Buang sampah pada tempatnya dan berlakulah sopan. Hutan Pinus ini bukan tempat untuk berbuat asusila atau perbuatan amoral remaja. Perhatikan norma dan tata krama yang dijunjung di Imogiri. Apalagi letaknya tidak jauh dari makam Raja Mataram yang disakralkan oleh warga Yogyakarta.

Jika ingin membawa bekal makanan, perhatikan untuk tidak membungkus dengan kertas nasi atau plastik. Usahakan membungkus makanan dengan tempat makan yang tidak menimbulkan sampah. Akan sangat lebih bijak lagi jika tidak membuang sampah apapun di area wisata Hutan Pinus.

Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Mengingat di Hutan Pinus ini belum diberlakukan tarif retribusi, maka tidak ada larangan untuk menggunakan kamera DSLR. Tetapi apabila mau melakukakn kegiatan syuting atau video klip harus ada izin dari pengelola dan aparat setempat.

Pengelola hanya akan mengenakan biaya parkir, untuk sepeda motor akan dikenakan biaya Rp. 3.000, untuk mobil dikenakan biaya Rp. 10.000, dan untuk bis akan dikenakan biaya Rp. 20.000 saja.

Gimana guys sangat terjangkau bukan, hehehehehehe…….. Bagi anda yang berencana foto prewedding di Hutan Mangunan Dlingo Bantul boleh – boleh saja dan jangan takut untuk biaya foto prewedding masih terjangkau yaitu cukup dengan Rp. 50.000 saja..

Anda tertarik untuk melihat pemandangan alam yang sejuk ala hutan pinus ini? Yuk, pilih paket wisata jogja atau paket tour jogja pilihanmu bersama jpswisata.com

sumber : http://caripaketwisatajogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *