Welcome
3 Teknologi Masa Depan yang Unik

3 Teknologi Masa Depan yang Unik

Sweat Powered Smartwatches

Insinyur di University of Glasgow telah mengembangkan teknologi masa depan jenis baru super kapasitor fleksibel, yang menyimpan energi, menggantikan elektrolit yang ditemukan dalam baterai konvensional dengan keringat.

Ini dapat diisi penuh dengan cairan sedikitnya 20 mikroliter dan cukup kuat untuk bertahan 4.000 siklus jenis fleks dan tertekuk saat digunakan.

Perangkat ini bekerja dengan melapisi kain selulosa poliester dalam lapisan tipis polimer, yang bertindak sebagai elektroda superkapasitor.

Saat kain menyerap keringat pemakainya, ion positif dan negatif dalam keringat berinteraksi dengan permukaan polimer, menciptakan reaksi elektrokimia yang menghasilkan energi.

“Baterai konvensional lebih murah dan lebih banyak daripada sebelumnya, tetapi mereka sering dibuat menggunakan bahan yang tidak berkelanjutan yang berbahaya bagi lingkungan,” kata Profesor Ravinder Dahiya, kepala kelompok Elektronik Ditekuk dan Teknologi Sensing (Terbaik), yang berbasis di Universitas Sekolah Teknik James Watt di Glasgow.

Informasi terkait teknologi canggih masa depan:

“Itu membuat mereka sulit untuk membuang perangkat yang dapat dipakai dengan aman dan berpotensi berbahaya, di mana baterai yang rusak dapat menumpahkan cairan beracun ke kulit.

“Apa yang dapat kami lakukan untuk pertama kalinya adalah menunjukkan bahwa keringat manusia memberikan peluang nyata untuk menghilangkan bahan-bahan beracun sepenuhnya, dengan kinerja pengisian dan pemakaian yang luar biasa.

Self-healing ‘living concrete’

Para ilmuwan telah mengembangkan teknologi canggih yang mereka sebut beton hidup dengan menggunakan pasir, gel dan bakteri.

Para peneliti mengatakan bahan bangunan ini memiliki fungsi menahan beban struktural, mampu menyembuhkan diri sendiri dan lebih ramah lingkungan daripada beton – yang merupakan bahan kedua yang paling banyak dikonsumsi di Bumi setelah air.

Tim dari University of Colorado Boulder percaya bahwa pekerjaan mereka membuka jalan bagi struktur bangunan masa depan yang dapat “menyembuhkan retak mereka sendiri, menyedot racun berbahaya dari udara atau bahkan bersinar berdasarkan perintah”.

Robot hidup (Living robots)

Robot hibrida kecil yang dibuat menggunakan sel induk dari embrio katak suatu hari dapat digunakan untuk berenang di sekitar tubuh manusia ke daerah-daerah tertentu yang membutuhkan obat-obatan, atau untuk mengumpulkan mikroplastik di lautan.

3 Teknologi Masa Depan yang Unik

“Ini adalah teknologi masa depan kehidupan baru,” kata Joshua Bongard, seorang ilmuwan komputer dan ahli robotika di University of Vermont, yang ikut mengembangkan bot selebar milimeter, yang dikenal sebagai xenobots.

“Mereka bukan robot tradisional atau spesies hewan yang dikenal. Ini adalah kelas artefak baru: organisme yang hidup dan dapat diprogram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *